Rabu, 02 Desember 2009

ATMega8 sebagai SmartAVR Basic

SMART-AVR adalah sarana untuk belajar microcontroller bagi pemula, dimana bahasa sebagai kendala utama untuk memulainya. Module atau chip SMART-AVR adalah keluarga microcontroller AVR keluaran ATMEL dengan type ATMega8 dimana pada versi sebelumnya saya menggunakan type AT90S4433 yang telah langka di pasaran.



Sayang sekali program SMART-AVR yang saya buat masih under DOS sehingga kurang menarik, tetapi di luar itu fungsi dari microcontroller adalah tujuan saya.
Dengan menggunakan chip SMART-AVR, pengguna tidak lagi menggunakan ISP programmer, tetapi hanya lewat download mode dari system SMART-AVR melaluai RS232 communication biasa.



SMART-AVR juga dilengkapi dengan fasilitas translate program semi basic ke assemler AVR yang memudahkan bagi pemula untuk menggunakan chip microntroller ATMega8, karena dengan bahasa semi basic ini system telah dilengkapi dengan kernel program yang dapat mengakses perangkat luar seperti fasilitas - fasilitas sebagai berikut :





  • KEYPAD 4x4
    Dengan fasilitas ini sangat memudahkan pengguna, kerena tidak perlu repot-repot membuat program pembacaan keypad. Cukup satu perintah READ KEY atau FN:KEY dalam bahasa Basic, SMART-AVR akan secara otomatis memberikan program pembacaan keypad. Keypad 4x4 schematic yang saya buat agak unik, karena hanya merupakan pembagi tegangan yang akan dibaca oleh ADC


  • LCD MODULE bus. (Hitachi HD44780 controller / compatible)
    Suatu fasilitas untuk mengakses lcd module (write mode), sebagai contoh jika di inginkan menulis tulisan ke lcd module cukup dengan menulis program basic TEXT: Hallo..... maka dengan perintah diatas lcd module akan menampilkan tulisan Hallo.....


  • COUNTER Input
    suatu fasilitas untuk membaca pulsa dan menghitungnya


  • SERIAL COMMUNICATION
    Dengan fasilitas ini memungkinkan hubungan ke perangkat luar dengan menggunakan serial communication 4800 bps.


  • 5 Chanel Analog Input
    Suatu fasilitas untuk mengolah sinyal analog dengan resolusi 10bit. Jika keypad tidak digunakan port analog input bisa digunakan sebanyak 6 chanel. Pengoperasian sangat mudah, dengan menggunakan printah READ ADCx, maka ADC chanel x dapat di baca dalam register ADCH dan ADCL.


  • 3 Chanel PWM Output
    Fasilitas tegangan output / DAC berupa PWM dengan lebar data 8bit


  • I²C BUS
    suatu fasilitas untuk mengakses perangkat luar dengan menggunakan I²C bus, sebagai contoh untuk akses ke EEPROM, RTC, ADC, DAC yang menggunakan system bus I²C.


  • General purpose I/O.
    Meskipun dalam prakteknya, perangkat luar yang telah disediakan tidak digunakan bisa digunakan sebagai I/O serbaguna, jadi jumlah I/O tergantung design rangkaian yang digunakan. Jika di inginkan jumlah I/O yang lebih banyak dapat menggunakan perangkat I²C yang mempunyai fungsi sebagai parallel digital I/O


  • 512 byte General purpose EEPROM


  • 3072 byte program memory


Schematic dasar dari SMART-AVR meliputi fasilitas - fasilitas I/O seperti di jelaskan di atas.








Schematic dasar Smart-AVR basic



Saya juga menuliskan programming tutorial untuk mempermudah pemahaman pemprograman SMART-AVR ini.



Program kompilasi SMART-AVR yang telah saya buat masih kurang stabil, tetapi dapat digunakan.



1 komentar:

  1. kelihatan simple sekali, dimana saya bisa mendapatkan rangkaian pcd smart avr?

    regard

    agus

    BalasHapus