Selasa, 01 Desember 2009

Logic probe & pulse generator dengan ATTiny13

Project ini saya buat untuk membantu di setiap project digital yang saya buat.
Logic probe yang saya buat juga mempunyai pembangkit pulsa (pulse generator) dengan frequency output yang bervariasi.
Berikut gambar schematic logic probe dan pulse generator

Rangkaian Logic probe dan Pulse generator

Bagaimana rangkaian ini bekerja?
Dalam mode logic probe, JP1 harus posisi terbuka.
Jika rangkaian dihidupkan, Attiny13 membaca status dari probe.
Saya selalu memberi output PB0 untuk membaca status probe dalam kondisi terhubung ke rangkaian atau tidak.

Dapat dibayangkan bahwa jika probe terhubung dengan rangkaian logika, status logika di PB0 tidak berpengaruh terhadap pembacaan logika di PB1.
Jika probe tidak terhubung ke rangkaian logika, maka pembacaan PB1 harus dalam kondisi ambang dan lampu indikator hi dan low harus padam.
Dalam kasus ini logika PB0 sangat berpengaruh dalam pemprosesan logika yang dilakukan Attiny13. PB1 akan membaca status yang sama dengan status yang diberikan PB0.
Untuk mode pembangkit pulas (pulse generator), JP1 harus dalam posisi tertutup (terhubung).
Dengan menekan push button, rangkaian akan otomatis berpindah mode ke pulse generator, dengan menekan push button lagi akan didapat perubahan frequency output yang bebeda pula, sampai akhirnya kembali ke mode logic probe lagi.

Program Attiny13 untuk project ini dapat di download pada link berikut:
http://henel.automation.tripod.com/logic/logic.zip
Demikian project yang bisa saya sharing, semoga bias bermanfaat.

Special thank you to Kai Klaas in the http://www.8052.com forum than give me the circuit idea and also thank to everybody for help me.


2 komentar:

  1. rangkaian aneh, tapi jalan coy....
    thank circuitnya
    regard

    agus

    BalasHapus
  2. saya udah ambil programnya, cuma bagaimana atau caranya dengan program ini?
    thk

    said

    BalasHapus