Selasa, 30 Maret 2010

Mengatur Kecepatan Motor DC dengan SMART-AVR Basic

Dalam contoh kali ini saya memberikan cara mengatur kecepatan motor DC sederhana yang nenggunakan fasilitas PWM dalam SMART-AVR Basic.
Banyak rangkaian untuk mengatur motor DC, tetapi dalam hal ini saya hanya memberikan contoh saja, untuk pengembangan lebih lanjut tergantung selera masing-masing pecinta elektronika.



Dalam rangkaian yang saya berikan menggunakan optocoupler TLP521 hanya untuk melindungi system cpu dari polusi tegangan yang dihasilkan dari motor DC, meskipun dalam rangkaian percobaan yang saya buat hanya menggunakan motor DC kecil.
Ada dua buah LED yang berguna untuk indikasi saat kecepatan naik atau turun.
Berikut adalah rangkaian yang saya gunakan untuk percobaan kali ini:










Berikut contoh program yang bisa saya berikan:

‘******************************************
'Contoh PWM untuk mengatur motor DC
VAR11 = 0
LOOP:
SET PB2
CLR PB3
VAR11 = VAR11 + 5
GOSUB MASUK
IF VAR11 > 250 THEN HOLD_HI
GOTO LOOP

LOOP1:
SET PB3
CLR PB2
VAR11 = VAR11 - 5
GOSUB MASUK
IF VAR11 <>
GOTO LOOP1


HOLD_HI:

SET PB2

SET PB3

DELAY = 100

GOTO LOOP1


HOLD_LO:

SET PB2

SET PB3

DELAY = 100

GOTO LOOP


MASUK:

PWM1 = VAR11

DELAY = 10

RETURN

‘******************************************

Dalam program yang saya berikan terlihat ada dua bagian program dimana satu untuk menaikkan nilai PWM1 dan yang lainnya untuk menurunkan nilai PWM1. LED pada port PB2 akan menyala jika kecepatan motor meningkat, sebaliknya LED pada port PB3 akan menyala jika kecepatan motor menurun.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar